.CALL : 085718162628

.CALL : 085718162628

CARA INSTALASI PEMASANGAN PENANGKAL PETIR

INSTALASI PEMASANGAN PENANGKAL PETIR
Pada umumnya Penangkal petir dan Grounding yang tidak sempurna akan membahayakan peralatan jaringan komputer. Wireless outdoor yang terpasang yang tidak disertai penangkal petir dan grounding yang sempurna dapat menyebabkan petir merusak server pusat data. Jadi segera periksa dan selamatkan server anda ! Bila Penangkal Petir dan Grounding tersebut tidak bekerja dengan baik, sebaiknya dilakukan ulang instalasi penangkal petir tersebut sampai menghasilkan nilai ohm yang semestinya. Nilai Penangkal Petir dan Grounding tersebut harus mencapai maksimal dibawah 2 Ohm.


 No.
Spesifikasi
Qty

1.
- Pipa Galvanis 1"
5
Btg
2.
- Pipa Galvanis 1.5"
1
Btg
3.
- Pipa Galvanis 2"
1
Btg
4.
- Kawat Seling
100
Mtr
5.
- Kabel BC
150
Mtr
6.
- Lightning Conductor
1
Unit
7.
- Material Bantu
1
Lot
8.
- Jasa Pemasangan
1
Lot
9.
- Dokumentasi & Drawing
1
Lot

TEKNIK DAN CARA
INSTALASI PENANGKAL PETIR
Bangunan bertingkat rawan bahaya sambaran petir.
Penangkal Petir lebih menyukai bangunan tinggi
Penangkal Petir : dipasang pada bangunan min. 2 lantai (paling tinggi diantara sekitarnya, konstruksi bangunan yang menonjol : cerobong asap, antena TV, tiang bendera )
Instalasi terdiri dari :

Alat penerima logam tembaga ( logam bulat panjang yang runcing ) atau penerima kawat mendatar.
Kawat penyalur dari tembaga Pentanahan kawat penyalur sampai dengan pada bagian tanah yang basah, ukuran dari instalasi ditentukan berdasarkan daerah/bangunan yang dilindungi. Strategi perlindungan bahaya petir

Franklin rod. Terdiri dari komponen-komponen :
Alat penerima logam tembaga (logam bulat panjang runcing)
Kawat penyalur dari tembaga
Pertanahan kawat penyalur sampai pada bagian tanah basah.
- Sistem perlindungan dengan bentuk sudut ± 45 O.
Batang yang runcing ( bahan copper spit ) yang dipasang paling atas dan batang tembaga yang menjadi elektroda harus ditanamkan ke tanah
Batang elektroda pentanahan dibuat bak kontrol untuk memudahkan pemeriksaan dan pengetesan
Sistem ini cukup praktis dan biayanya murah namun jangkauannya sangat terbatas
Sangkar Farady Terdiri dari komponen :
Alat penerima kawat mendatar
Kawat dari tembaga
Pertanahan kawat penyalur sampai pada bagian tanah yang basah.
Perlindungan bangunan dengan jarak antar kawat mendatar tidak melebihi 20 m pada titik-titik yang tertentu diberi ujung vertikal ½ M.

Sistem pemasangan dibuat memanjang sehingga jangkauannya lebih luas dari sistem Franklin, namun biaya sedikit mahal, menggangu keindahan.

Radio Aktif Terdiri dari komponen :

Elektrode
Udara disekeliling elektrode akan di ionisasi, akibat pancaran partikel alpa dari isotop (americum 241). Elektrode akan terus menerus menciptakan arus ion (Min. 10 8 ion/det.).

Coaxial cabel
Untuk menghindari kerusakan benda-benda akibat muatan listrik petir yang menuju tanah maka coaxial cabel dibungkus pipa isolasi.

Metode tahanan langsung dari muatan listrik petir ke dalam tanah menyebabkan seluruh unit mempunyai potensial yang sama dengan bumi.

Sehingga benda-benda yang berada disekitar system akan aman.

Pentanahan ( Grounding )

Perlu test lokasi geografis dari pentanahan maksimal 5 ohm. Tahanan bumi max. Yang terbaik untuk system ini lebih kecil 5 ohm Saat petir mengenai electroda maka muatan negatif akan menetralkan muatan.

Sistem Grounding yang sesuai untuk bangunan tinggi dan besar Pemasangan tidak perlu dibuat karena sistem payung yang digunakan dapat melindunginya. Bentangan cukup besar satu untuk bangunan cukup satu tempat penangkal petir

Cara pemasangan ketiga sistem adalah titik puncak/kepala dari alat penangkal Petir dihubungkan dengan pipa tembaga menuju ke dasar tempat sebagai pentanahan yaitu pipa tembaga tersebut harus mencapai tanah berair. Oleh karena itu, tempat-tempat tersebut harus dibuat sedemikian rupa, sehingga tidak menggangu keindahan bangunan dan tetap berfungsi baik terhadap penanggulangan bahaya petir, tentunya dengan menggunakan sistim instalasi penangkal petir yang baik dan benar. Sistim instalasi penangkal petir yang baik dan benar harus memenuhi standar sistim grounding yang benar pula. Semua nilai grounding suatu sistim penangkal petir sebaiknya mempunyai nilai resistansi jauh dibawah 1 Ohm agar supaya sistim penangkal petir tersebut sanggup meredam petir menuju pusat bumi. Untuk membuktikan apakah sistem penangkal petir tersebut benar-benar sudah bekerja dengan baik, ada baiknya pada sistim penangkal petir tersebut dipasang alat lightining counter, yang berfungsi menghitung berapa kali petir melewati sistim penangkal petir yang telah kita pasang.

Pada dasarnya petir sangatlah berbahaya, tapi kita bisa mengurangi tingkat bahaya dari petir itu sendiri dengan menggunakan penangkal petir. Telah diketahui bahwa ada 3 sistem penangkal petir yaitu sistem konvensional, sistem radioaktif, dan sistem elektroktrostatis. Tapi hanya 2 yang digunakan pada penerapannya di karenakan efek kebocoran radiasi dari sistem radioaktif. Petir juga mempunyai potensi luar biasa sebagai energy dimasa depan, hanya saja hingga saat ini belum di temukan tegnologi pemanfaatannya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




VIOLINDO Updated at: 17.08.00

Populer Post